Mata Kuliah Yang Kamu Sukai?

Kamis, 22 Desember 2011

Keperawatan Medical Bedah


A.    Latar Belakang
                 Seperti halnya di Amerika Serikat, saat ini Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah (PJPD) telah menjadi penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Seringkali penyakit ini mengakibatkan kematian mendadak, ketika karier korban mulai menanjak atau mencapai puncaknya. Jenis PJPD, antara lain: 1) Penyakit Jantung Koroner (PJK), 2) Penyakit Jantung Hipertensi, 3) Penyakit Jantung Reumatik, 4) Penyakit Jantung Bawaan, 5) Penyakit Jantung Paru, 6) Penyakit Pembuluh Darah Otak, 7) Penyakit Pembuluh Darah Perifer/Tepi.
                 Meskipun beberapa jenis Penyakit Jantung, khususnya Penyakit Jantung Koroner yang menjadi penyebab utama kematian, sebenarnya dapat dicegah. Akan tetapi, angka kejadiannya di tanah air kita cenderung terus meningkat. Keberhasilan upaya pencegahan terlihat dengan berkurangnya angka kejadian Penyakit Jantung Koroner di beberapa negara maju, di mana sistem penanggulangan Penyakit Kardiovaskular sudah terstruktur rapi.
                 Pengobatan Penyakit Jantung yang dilakukan sesuai dengan standar Internasional sangat besar biayanya, dan merupakan beban yang berat untuk negara. Permasalahan ini sudah dikeluhkan oleh negara-negara maju, baik di benua Amerika, Eropa, maupun Australia. Bagi negara-negara yang sedang berkembang seperti Indonesia, sulit rasanya pengobatan yang ideal dapat dilaksanakan pada semua pasien. Oleh karenanya, upaya pencegahan sebaiknya lebih digalakkan dengan menyertakan partisipasi masyarakat, agar penyakit ini dapat dihindari. Upaya mengenali gejala awal Penyakit Jantung Koroner sangat penting, agar penderita terhindar dari serangan jantung yang fatal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar